Kamis, 21 Agustus 2014

Ilmu Biologi : Apa itu pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan ?

Dalam Dunia biologi, kata tumbuh dan berkembang memiliki makna dan kejadian yang berbeda, untuk mengetahui maksud dari masing-masing kata, ayo baca penjelasan dibawah ini : 

1. Pengertian Pertumbuhan
            Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah,ukuran,berat (massa) sel dan tidak kembali kebentuk/keadaan semula. Pertumbuhan dapat diukur atau bersifat kuantitatif dan dapat dinyatakan dengan angka,grafik dll.
            Dari penjelasan diatas,dapat dipahami bahwa pertumbuhan adalah suatu proses yang menghasilkan pertambahan suatu jumlah,ukuran ataupun berat pada sel, hal ini tidak akan kembali kebentuk semula seperti jumlah sel yg dulunya hanya ribuan,setelah mengalami pertumbuhan maka tidak akan kembali ke kondisi ribuan lagi. Hal lain yang menjadi ciri pertumbuhan yaitu, ia dapat diukur dan dinyatakan dengan skala ukuran seperti panjang,berat dll.

2. Pengertian Perkembangan
            Perkembangan adalah proses menuju ketingkat kedewasaan / pematangan ,perkembangan tidak dapat diukur tetap hanya dapat diamati. 
Yang termasuk kedalam kelompok perkembangan adalah seperti : 
- Perkembangan bayi yang dulunya belum bisa melihat,jadi bisa melihat
- perkembangan anak yang dulunya belum dapat berbicara,menjadi dapat mengenal kata dan mempraktekkannya.

    Pertumbuhan dan perkembangan merupakan 2 proses yang berjalan secara simultan/bersamaan. Hasil dari ke-2 proses ini adalah kesempurnaan fisik dan mental serta kemampuat makhluk hidup pada masa-masa tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar